Senin, 20 November 2017

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat Nomor di Samsat Makassar (selesai dalam 1 jam)

Kali ini saya akan membagikan (step by step), Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat Nomor di Samsat Makassar,yang bisa selesai dalam 1 jam. Bahkan pelatnya pun sudah bisa ditumbuk saat itu juga.

Silahkan siapkan hp untuk cek sms pajak online, agar tahu jumlah tagihan yang sebenarnya, berikut koneksi internet biar tahu lokasi kantor yang akan anda tuju via google maps (opsional).

Untuk pengambilan gambar tutorialnya saya menggunakan hp nokia (Ssst, ini hadiah dari kakak saya) dan google maps menggunakan laptop acer (dan ini hadiah dari adik saya).

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat di Samsat Makassar

Langkah 1.
Cek dulu berapa tagihan pajak anda yang sesungguhnya, agar terhindar dari tagihan fiktif. Caranya : ketik SULSEL DD XXXX XX Makassar, kirim ke 99250 (dulu ke 9250). Maka otomatis akan ada balasan tentang jumlah tagihan anda. Disini saya sertakan secara riil agar lebih jelas, spt berikut ini :


Balasan smsnya seperti ini :


Langkah 2
Ketahui lokasi kantor samsatnya, biar gak nyasar ke kantor KUA hehe.. (dalam hal ini saya mendatangi samsat makassar, Jl. Mappanyukki) Spt gbr berikut :

Langkah 3
Datangi kantornya. Spt gbr berikut :


Langkah 4
Masuk lewat pintu sisi kiri gedung samsat makassar, terus saja menuju gedung bagian belakang, untuk cek fisik kendaraan bermotor, Step ini berlaku jika mengurus STNK 5 tahunan, dan tak perlu jika untuk pengurusan pajak tahunan, seperti gbr berikut :
Langkah 5
Bawa dan parkir motor anda, dibawah bangunan segi empat itu. serahkan STNK warna biru langit, untuk cek fisik kendaraan (cek nomor rangka dan nomor mesin), seperti gbr berikut :

Langkah 6
Anda kemudian akan mendapat hasil ceknya di loket seperti gbr berikut (ada ruangan, 3 meter dari pengecekan), seperti gbr berikut :

Langkah 7
Tinggalkan gedung pengecekan fisik, menuju ke dalam gedung utama (eits, jangan lupa ucapkan terimakasih pada juru cek ya :) Gedung utama spt gbr berikut ini. Source image : m.beritakotaonline.com :




Langkah 9
Ambil nomor antrian di mesin antri, di gedung utama, spt berikut ini :


Langkah 10
Gabungkan nomor antri, surat cek fisik, dan stnk lama. Bawa menuju ke lantai 2, untuk di stempel,  (bayar 10 ribu disini) spt gbr berikut ini :


Arah ke lantai 2, seperti gbr berikut :


Ruangan di lantai 2 seperti gbr berikut ::


Langkah 11
Setelah distempel dan membayar 10 rb, silahkan menuju lagi ke lantai 3 untuk distempel juga, lewat sini. Lihat gbr ini :

Dan ruangannya  adalah yang ini, jangan kesasar ke ruangan lain ya? :)


Langkah 12
Tinggalkan lantai 3, menuju ke lantai dasar. Pilih arah sisi kiri .Source image : lintasterkini.com::



Langkah 13

Pilih meja "Pendaftaran", Tambahkan dokumen  dari lantai 3 dengan fotokopi KTP, dll yang diminta, serahkan semua dolumen itu


Anda akan menerima hasil cek dokumennya spt berikut ini, dan sepertinya sudah ditambahi map oleh petugas :



Langkah 14
Serahkan dokumen diatas ke meja "penetapan" disebelahnya, mejanya spt gbr berikut ini :

Langkah 15
Serahkan dokumen dari meja penetapan ke meja kasir disebelahnya, untuk membayar sesuai sms tadi, saya kebetulan bayarnya 390 ribu. mejanya spt gbr berikut ini :




Langkah 16
Serahkan dokumen dari  meja kasir ke meja cetak STNK (disebelahnya) :


Hasilnya, anda akan mendapat STNK baru, seperti gbr berikut ini (siiiip) :


Langkah 17
Silahkan tinggalkan gedung utama dan keluarlah menuju gedung sisi kanan gedung utama samsat Makassar. Di gedung sebelah nantinya akan ada koq tertulis tempat "cetak pelat", tapi anda tak perlu masuk ke situ ya, saya hanya menunjukkannya, itu adalah tempat para tukang tumbuk pelat bekerja.


Langkah 18
Setorkan dokumen dari meja cetak STNK tadi supaya bisa dicetakkan pelatnya. Kemudian silahkan duduk antri yaa...! (sekitar 30 menit)


Langkah 19
Taa Daa... selamat. anda sudah mendapat pelat baru, Sekarang anda bebas melenggang di jalan raya, tanpa takut STNK-nya kadaluwarsa.


Semoga bermanfaat.

Mungkin anda membutuhkan pencetakan kartu undangan? silahkan menuju ke Blogspot saya : www.cetakundangan.org www.cetakundangan.org

Atau mungkin anda membutuhkan gula merah aren, silahkan ke blogspot saya : www.gula-aren.com

Atau mungkin anda butuh resep kue, silahkan menuju ke www.resepkue.top (dalam tahap pengisian)

Mungkin anda butuh ketikan dokumen : surat lamaran kerja, surat kuasa, scanner, email, cetak foto, dll. silahkan menuju ke blogspot saya www.pegetikan.co.id

Tambahan info Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat Nomor di Samsat Makassar :


Pengrusan STNK pada masa lalu semua terpusat di kantor SAMSAT kota Makassar Jl. A.Mappanyuki, tapi kini sudah ditambah gerai Samsat di Kantor Kecamatan plus SAMSAT keliling yang beroperasi di beberapa titik keramaian. (tapi apa bisa yah? cetak pelat juga?) Berikut tempat-tempat tersebut:

    Kantor SAMSAT Kota Makassar
    Jalan Andi Mappanyukki No. 79, Makassar
    Kantor SAMSAT Pembantu
    Jalan Perintis Kemerdekaan, Bukit Katulistiwa, Kecamatan Tamalanrea
    Kantor Kecamatan Biringkanaya
    Jalan Ir. Sutami, Biringkanaya
    Kantor Kecamatan Makassar
    Jalan Gunung Nona Baru, lorong 36, no 1
    Kantor Kecamatan Panakkukang
    Jalan Batua Raya No.168, Panakkukang
    Kantor Kecamatan Tamalanrea
    Jalan Perintis Kemerdekaan
    Kantor Kecamatan Tamalate
    Jalan Danau Tanjung Bunga, no 181, Tanjung Merdeka
    Kantor Kecamatan Mamajang
    Jalan Lanto Dg. Pasewang
    Kantor Kecamatan Mariso
    Jalan Dahlia, Makassar
    Kantor Kecamatan Tallo
    Jalan Ade Irma No.2, Makassar
    Kantor Kecamatan Ujung Tanah
    Jalan Sabutung Baru, Makassar
    Kantor Kecamatan Wajo
    Jalan Sarappo, Makassar
    Kantor Kecamatan Rappocini
    Jalan Teduh Besinar
    Kantor Kecamatan Bontoala
    Jalan Lobak no 1, Makassar
    Kantor Kecamatan Ujung Pandang
    Jalan Samiun, Makassar
    Kantor Kecamatan Manggala
    Jalan Perumnas Antang
    Samsat Mobil Keliling Jalan Sunu
    Samsat Mobil Keliling Jalan Baruga Antang
    Samsat Mobil Keliling Lapangan Hertasning
    Samsat Mobil Keliling Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur
Semuanya beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 Senin sampai Jum’at.



Demikian cara mengurus perpanjangan stnk 5 tahun dan ganti plat. Namun untuk memperkaya tulisan ini. saya akan menambahkan info lain dari berbagai sumber untuk memperkaya tulisan ini agar disukai google.


Kapan harus ganti plat kendaraan ?


Setiap 5 thn kita wajib ganti pelat nomor. Namun itu bukan berarti mengganti nomor kendaraannya, tapi, cukup papan platnya yang diganti karena sudah lewat masa berlaku.


Bagaimana mengetahui bahwa masa STNK sudah habis? Tentunya semua yahu bahwa itu bisa dilihat di plat nomornya, atau lebih jelasnya di melihat di Surat Tanda Nomor Kendaraannya.

Coba perhatikan di plat kendaraan anda. Disitu tertulis angka yang lebih kecil di baris kedua. Jika angka itu merupakan tahun yang sudah melewati tahun yang tengah berjalan, berarti STNK anda sudah kadaluarsa dan harus mengurus penggantiannya. Nanti setelah diurus di kantor Samsat setempat maka tulisan atau angka tersebut akan berubah menjadi angka yang akan kadaluarsa pada 5 tahun kedepannya. Jadi untuk itulah, perpanjangan izin STNK mutlak diurus pada tahun kelima

Apa manfaat lain dari angka tahunan tersebut ?

Bisa digunakan pada saat mau membeli motor bekas. Dengan angka tersebut, anda bisa amemprediksi umur dari kendaraan yang akan dibeli. Jangan sampai anda membayar mahal sebuah kendaraan (yang dikira masih baru), padahal kendaraan tersebut sudah berumur tua.

Bagaimana jika kita tidak punya waktu untuk mengurus sendiri surat-suratnya?

Anda bisa mewakilkan pada orang dekat yang terpercata (amanah). Lebih bagus lagi jika anda mewakilkan pengurusannya dengan cara membuatkan sebuah surat kuasa. Jadi kita tak perlu repot dengan urusan yang tentunya sedikit membosankan tersebut

Bagaimana Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan? apakah tutorial yang dibaca di  internet bisa berlaku untuk semua daerah ?

Tidak sama. Setiap daerah punya cara dan alur sendiri dalam mengurus surat kendaraan. DI satu daerah persyaratan dokumennya harus ketat, di daerah lain syarat dokumennya sedikit longgar. Namun demikian antara satu daerah dan daerah yang lainnya kurang lebih hampir sama, setidaknya anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang tata cara mengurus surat tanda nomor kendaraan.


Mengapa kita sering merasa takut (nervous) setiap akan berurusan dengan perizinan di pemerinyahan?
Itu wajar terjadi karena banyaknya informasi tentang masyarakat yang dibihingi bahkan ditipu atau dibihingi jasa calo, dipersulit oleh birokrasi, Namun demikian, jika kita mau membiasakan diri  untuk mengurus surat perijinan sendiri, maka lama kelamaan, stigma ketakutan itu akan pudar dengan sendirinya. Saya dulu juga takut atau malas seiap berurusan dengan masalah perizinan ini, tapi setelah berkali-kali mengurus hal seperti ini, akhirnya jadi terbiasa.  Saya merasa enjoy sampai sekarang. Hanya saja memang cukup menyita waktu dan tenaga, tapi sebagai warga negara yang baik, kita wajib melengkapi dokumen kendaraan kita tepat waktu. Jadi gini, masak kita mau dapat enaknya saja berkendaraan tanpa mau membuatkan perijinannya?



Apakah birokrasi perizinan dulu dan sekarang mengalami perkembangan?

Ya, sangat berubah sekali. Kalau dulu butuh waktu 1 hari umpamanya, maka sekarang bisa 3 hari, bahkan sudah banyak dibuat pelayanan satu atap yang bisa selesai dalam satu hari, seperti proses pengurusan STNK ini. Ini akibat dari adanya reformasi birokrasi, penerapan teknologi internet (serba online), kritikan dari masyarakat dan tentunya dari timbulnya kesadaran sendiri pada pelaksana birokrasi.

Apa saja yang perlu dipersiapkan ?
Siapkan :
BPKB
STNK + Surat Pajak Kendaraan Bermotor

KTP
Uang
Kendaraan bermotor.Kertas dan Pulpen

Bagaimana ================Langkah #2: Lakukan Cek Fisik Kendaraan

Saat datang ke Samsat, jangan parkir dulu, langsung bawa kendaraan anda ke bagian Cek Fisik Kendaraan. Nanti petugasnya akan menginstruksikan apa yang harus anda lakukan, misalnya buka jok kendaraan, dsb. Yang melakukan pembongkaran adalah petugasnya.

Setelah itu dia akan mengeluarkan kertas yang di tempel ke nomor rangka dan nomor mesin kendaraan, lalu di gosok menggunakan pensil sampai nomornya muncul. Istilahnya esek-esek.

Catatan 1: Kalau kendaraan anda adalah model yang tidak umum atau jarang beredar di Indonesia. Ada baiknya anda mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin kendaran. Karena belum tentu petugas "esek-esek" tahu lokasi nomor2 tersebut.

Tapi kalau model-model sejuta umat seperti Avanza, Innova, APV, Yamaha Mio, Honda Vario, dsb, hampir bisa dipastikan petugas cek fisiknya sudah tau lokasi nomor rangka dan mesin kendaraan.

Catatan 2: Setau saya proses penggesekan nomor rangka dan mesin tidak dipungut biaya. Tapi kalau menurut anda proses tersebut terlihat merepotkan dan menyulitkan petugasnya (misalnya banyak bagian yang harus dibuka atau dilepas), maka menurut saya tergantung kerelaan hati anda saja mau kasih uang ke petugasnya atau tidak.
cara cek fisik kendaraan perpanjang 5 tahun pajak

Gbr 2. Area Cek Fisik Kendaraan Bermotor


Langkah #3: Foto Copy Berkas-Berkas
Anda tidak perlu pusing mengatur letak berkas-nya. Tidak perlu bingung harus fotocopy berapa banyak, dsb. Di Samsat itu hampir bisa dipastikan sudah ada tempat foto copy spesialis untuk perpanjangan STNK dan pajak.
Jadi anda tinggal menyerahkan: KTP + STNK + PAJAK + BPKB + Berkas Cek Fisik ke tempat fotocopy yang ada di samsat, lalu mereka akan mem foto fopy sesuai yang diperlukan, menatanya, dan juga memberi map (sudah satu paket).
Hanya saja, harga foto copy + map biasanya sedikit lebih mahal, tapi tidak terlalu beda jauh. Misalnya kalau beli map sendiri lalu foto copy di luar akan habis Rp. 3.000,- maka kalau foto copy di Samsat akan ditagih Rp. 7.000,- (tergantung tempat juga sih, ada juga yang hanya menagih Rp. 5.000,-).
Mungkin ada orang yang tidak sudi bayar foto copy dengan lebih mahal dan memiliki pikiran "Dasar orang licik, cari-cari kesempatan, foto copy aja dimahalin". He he saya tulis seperti itu karena saat antri di samsat saya melihat beberapa orang yang sepertinya kesal dengan tarif FC yang di "mark up".

Tapi, saya mau kasih masukan sedikit kepada orang-orang yang ngomel seperti itu:
1. Sebelum membeli barang atau jasa, sebaiknya tanyakan dulu harganya. Dengan tidak bertanya itu artinya anda sudah setuju dengan harganya.
2. Mereka memang mencari untung, jadi ya suka-suka mereka mau kasih harga berapa 😁
3. Anda tidak dipaksa untuk foto copy di tempat mereka. Jadi itu keputusan anda mau FC disitu atau tidak
4. Memang ada perbedaan antara Rp. 3.000 - Rp. 4.000,- dibanding kalau foto copy di luar, tapi menurut saya kalau FC sendiri kurang praktis (mungkin harus jalan cukup jauh, makan waktu) dan nanti kalau kita salah foto copy / kurang foto copy, dsb malah merepotkan.
5. Lagi pula, ini cuma sekali setahun bro / sis 😏 Anggap saja amal ke orang 😄
Tapi kalau seandainya anda tetap tidak sudi dan mau foto copy sendiri, maka berikut caranya:
1. Foto Copy Satu Kali
FC KTP, STNK, PAJAK, BPKB sebanyak satu kali. Untuk BPKB kalau pernah ganti nama / rubah mesin, dsb, bagian yang menyatakan keterangan tersebut di foto copy juga.
Catatan: Boleh juga foto copy dua kali hanya sebagai arsip anda saja.
2. Susun Surat-surat
Susun KTP, STNK, PAJAK ASLI + foto copy surat2 tsb agar mudah dilihat dan diperiksa oleh petugas. Biasanya urutannya (dimulai dari paling depan):

    KTP ASLI + KTP hasil Foto Copy di staples agak kebawah. Catatan: KTP Asli jangan di staples, tapi masukkan ke dalam plastik lalu di staples. (lihat gambar dibawah)
    STNK ASLI
    PAJAK ASLI
    FC STNK
    FC PAJAK
    FC BPKB.
    Taruh di dalam map





















































































.













































.








 

Kali ini saya akan membagikan (step by step), Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat Nomor di Samsat Makassar,yang bisa selesai dalam 1 jam. Bahkan pelatnya pun sudah bisa ditumbuk saat itu juga.

Silahkan siapkan hp untuk cek sms pajak online, agar tahu jumlah tagihan yang sebenarnya, berikut koneksi internet biar tahu lokasi kantor yang akan anda tuju via google maps (opsional).

Untuk pengambilan gambar tutorialnya saya menggunakan hp nokia (Ssst, ini hadiah dari kakak saya) dan google maps menggunakan laptop acer (dan ini hadiah dari adik saya).

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat di Samsat Makassar

Langkah 1.
Cek dulu berapa tagihan pajak anda yang sesungguhnya, agar terhindar dari tagihan fiktif. Caranya : ketik SULSEL DD XXXX XX Makassar, kirim ke 99250 (dulu ke 9250). Maka otomatis akan ada balasan tentang jumlah tagihan anda. Disini saya sertakan secara riil agar lebih jelas, spt berikut ini :


Balasan smsnya seperti ini :


Langkah 2
Ketahui lokasi kantor samsatnya, biar gak nyasar ke kantor KUA hehe.. (dalam hal ini saya mendatangi samsat makassar, Jl. Mappanyukki) Spt gbr berikut :

Langkah 3
Datangi kantornya. Spt gbr berikut :


Langkah 4
Masuk lewat pintu sisi kiri gedung samsat makassar, terus saja menuju gedung bagian belakang, untuk cek fisik kendaraan bermotor, Step ini berlaku jika mengurus STNK 5 tahunan, dan tak perlu jika untuk pengurusan pajak tahunan, seperti gbr berikut :
Langkah 5
Bawa dan parkir motor anda, dibawah bangunan segi empat itu. serahkan STNK warna biru langit, untuk cek fisik kendaraan (cek nomor rangka dan nomor mesin), seperti gbr berikut :

Langkah 6
Anda kemudian akan mendapat hasil ceknya di loket seperti gbr berikut (ada ruangan, 3 meter dari pengecekan), seperti gbr berikut :

Langkah 7
Tinggalkan gedung pengecekan fisik, menuju ke dalam gedung utama (eits, jangan lupa ucapkan terimakasih pada juru cek ya :) Gedung utama spt gbr berikut ini. Source image : m.beritakotaonline.com :




Langkah 9
Ambil nomor antrian di mesin antri, di gedung utama, spt berikut ini :


Langkah 10
Gabungkan nomor antri, surat cek fisik, dan stnk lama. Bawa menuju ke lantai 2, untuk di stempel,  (bayar 10 ribu disini) spt gbr berikut ini :


Arah ke lantai 2, seperti gbr berikut :


Ruangan di lantai 2 seperti gbr berikut ::


Langkah 11
Setelah distempel dan membayar 10 rb, silahkan menuju lagi ke lantai 3 untuk distempel juga, lewat sini. Lihat gbr ini :

Dan ruangannya  adalah yang ini, jangan kesasar ke ruangan lain ya? :)


Langkah 12
Tinggalkan lantai 3, menuju ke lantai dasar. Pilih arah sisi kiri .Source image : lintasterkini.com::



Langkah 13

Pilih meja "Pendaftaran", Tambahkan dokumen  dari lantai 3 dengan fotokopi KTP, dll yang diminta, serahkan semua dolumen itu


Anda akan menerima hasil cek dokumennya spt berikut ini, dan sepertinya sudah ditambahi map oleh petugas :



Langkah 14
Serahkan dokumen diatas ke meja "penetapan" disebelahnya, mejanya spt gbr berikut ini :

Langkah 15
Serahkan dokumen dari meja penetapan ke meja kasir disebelahnya, untuk membayar sesuai sms tadi, saya kebetulan bayarnya 390 ribu. mejanya spt gbr berikut ini :




Langkah 16
Serahkan dokumen dari  meja kasir ke meja cetak STNK (disebelahnya) :


Hasilnya, anda akan mendapat STNK baru, seperti gbr berikut ini (siiiip) :


Langkah 17
Silahkan tinggalkan gedung utama dan keluarlah menuju gedung sisi kanan gedung utama samsat Makassar. Di gedung sebelah nantinya akan ada koq tertulis tempat "cetak pelat", tapi anda tak perlu masuk ke situ ya, saya hanya menunjukkannya, itu adalah tempat para tukang tumbuk pelat bekerja.


Langkah 18
Setorkan dokumen dari meja cetak STNK tadi supaya bisa dicetakkan pelatnya. Kemudian silahkan duduk antri yaa...! (sekitar 30 menit)


Langkah 19
Taa Daa... selamat. anda sudah mendapat pelat baru, Sekarang anda bebas melenggang di jalan raya, tanpa takut STNK-nya kadaluwarsa.


Semoga bermanfaat.

Mungkin anda membutuhkan pencetakan kartu undangan? silahkan menuju ke Blogspot saya : www.cetakundangan.org www.cetakundangan.org

Atau mungkin anda membutuhkan gula merah aren, silahkan ke blogspot saya : www.gula-aren.com

Atau mungkin anda butuh resep kue, silahkan menuju ke www.resepkue.top (dalam tahap pengisian)

Mungkin anda butuh ketikan dokumen : surat lamaran kerja, surat kuasa, scanner, email, cetak foto, dll. silahkan menuju ke blogspot saya www.pegetikan.co.id

Tambahan info Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahun & Ganti Plat Nomor di Samsat Makassar :


Pengrusan STNK pada masa lalu semua terpusat di kantor SAMSAT kota Makassar Jl. A.Mappanyuki, tapi kini sudah ditambah gerai Samsat di Kantor Kecamatan plus SAMSAT keliling yang beroperasi di beberapa titik keramaian. (tapi apa bisa yah? cetak pelat juga?) Berikut tempat-tempat tersebut:

    Kantor SAMSAT Kota Makassar
    Jalan Andi Mappanyukki No. 79, Makassar
    Kantor SAMSAT Pembantu
    Jalan Perintis Kemerdekaan, Bukit Katulistiwa, Kecamatan Tamalanrea
    Kantor Kecamatan Biringkanaya
    Jalan Ir. Sutami, Biringkanaya
    Kantor Kecamatan Makassar
    Jalan Gunung Nona Baru, lorong 36, no 1
    Kantor Kecamatan Panakkukang
    Jalan Batua Raya No.168, Panakkukang
    Kantor Kecamatan Tamalanrea
    Jalan Perintis Kemerdekaan
    Kantor Kecamatan Tamalate
    Jalan Danau Tanjung Bunga, no 181, Tanjung Merdeka
    Kantor Kecamatan Mamajang
    Jalan Lanto Dg. Pasewang
    Kantor Kecamatan Mariso
    Jalan Dahlia, Makassar
    Kantor Kecamatan Tallo
    Jalan Ade Irma No.2, Makassar
    Kantor Kecamatan Ujung Tanah
    Jalan Sabutung Baru, Makassar
    Kantor Kecamatan Wajo
    Jalan Sarappo, Makassar
    Kantor Kecamatan Rappocini
    Jalan Teduh Besinar
    Kantor Kecamatan Bontoala
    Jalan Lobak no 1, Makassar
    Kantor Kecamatan Ujung Pandang
    Jalan Samiun, Makassar
    Kantor Kecamatan Manggala
    Jalan Perumnas Antang
    Samsat Mobil Keliling Jalan Sunu
    Samsat Mobil Keliling Jalan Baruga Antang
    Samsat Mobil Keliling Lapangan Hertasning
    Samsat Mobil Keliling Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur
Semuanya beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 Senin sampai Jum’at.



Demikian cara mengurus perpanjangan stnk 5 tahun dan ganti plat. Namun untuk memperkaya tulisan ini. saya akan menambahkan info lain dari berbagai sumber untuk memperkaya tulisan ini agar disukai google.


Kapan harus ganti plat kendaraan ?


Setiap 5 thn kita wajib ganti pelat nomor. Namun itu bukan berarti mengganti nomor kendaraannya, tapi, cukup papan platnya yang diganti karena sudah lewat masa berlaku.


Bagaimana mengetahui bahwa masa STNK sudah habis? Tentunya semua yahu bahwa itu bisa dilihat di plat nomornya, atau lebih jelasnya di melihat di Surat Tanda Nomor Kendaraannya.

Coba perhatikan di plat kendaraan anda. Disitu tertulis angka yang lebih kecil di baris kedua. Jika angka itu merupakan tahun yang sudah melewati tahun yang tengah berjalan, berarti STNK anda sudah kadaluarsa dan harus mengurus penggantiannya. Nanti setelah diurus di kantor Samsat setempat maka tulisan atau angka tersebut akan berubah menjadi angka yang akan kadaluarsa pada 5 tahun kedepannya. Jadi untuk itulah, perpanjangan izin STNK mutlak diurus pada tahun kelima

Apa manfaat lain dari angka tahunan tersebut ?

Bisa digunakan pada saat mau membeli motor bekas. Dengan angka tersebut, anda bisa amemprediksi umur dari kendaraan yang akan dibeli. Jangan sampai anda membayar mahal sebuah kendaraan (yang dikira masih baru), padahal kendaraan tersebut sudah berumur tua.

Bagaimana jika kita tidak punya waktu untuk mengurus sendiri surat-suratnya?

Anda bisa mewakilkan pada orang dekat yang terpercata (amanah). Lebih bagus lagi jika anda mewakilkan pengurusannya dengan cara membuatkan sebuah surat kuasa. Jadi kita tak perlu repot dengan urusan yang tentunya sedikit membosankan tersebut

Bagaimana Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan? apakah tutorial yang dibaca di  internet bisa berlaku untuk semua daerah ?

Tidak sama. Setiap daerah punya cara dan alur sendiri dalam mengurus surat kendaraan. DI satu daerah persyaratan dokumennya harus ketat, di daerah lain syarat dokumennya sedikit longgar. Namun demikian antara satu daerah dan daerah yang lainnya kurang lebih hampir sama, setidaknya anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang tata cara mengurus surat tanda nomor kendaraan.


Mengapa kita sering merasa takut (nervous) setiap akan berurusan dengan perizinan di pemerinyahan?
Itu wajar terjadi karena banyaknya informasi tentang masyarakat yang dibihingi bahkan ditipu atau dibihingi jasa calo, dipersulit oleh birokrasi, Namun demikian, jika kita mau membiasakan diri  untuk mengurus surat perijinan sendiri, maka lama kelamaan, stigma ketakutan itu akan pudar dengan sendirinya. Saya dulu juga takut atau malas seiap berurusan dengan masalah perizinan ini, tapi setelah berkali-kali mengurus hal seperti ini, akhirnya jadi terbiasa.  Saya merasa enjoy sampai sekarang. Hanya saja memang cukup menyita waktu dan tenaga, tapi sebagai warga negara yang baik, kita wajib melengkapi dokumen kendaraan kita tepat waktu. Jadi gini, masak kita mau dapat enaknya saja berkendaraan tanpa mau membuatkan perijinannya?



Apakah birokrasi perizinan dulu dan sekarang mengalami perkembangan?

Ya, sangat berubah sekali. Kalau dulu butuh waktu 1 hari umpamanya, maka sekarang bisa 3 hari, bahkan sudah banyak dibuat pelayanan satu atap yang bisa selesai dalam satu hari, seperti proses pengurusan STNK ini. Ini akibat dari adanya reformasi birokrasi, penerapan teknologi internet (serba online), kritikan dari masyarakat dan tentunya dari timbulnya kesadaran sendiri pada pelaksana birokrasi.

Apa saja yang perlu dipersiapkan ?
Siapkan :
BPKB
STNK + Surat Pajak Kendaraan Bermotor

KTP
Uang
Kendaraan bermotor.Kertas dan Pulpen

Bagaimana ================Langkah #2: Lakukan Cek Fisik Kendaraan

Saat datang ke Samsat, jangan parkir dulu, langsung bawa kendaraan anda ke bagian Cek Fisik Kendaraan. Nanti petugasnya akan menginstruksikan apa yang harus anda lakukan, misalnya buka jok kendaraan, dsb. Yang melakukan pembongkaran adalah petugasnya.

Setelah itu dia akan mengeluarkan kertas yang di tempel ke nomor rangka dan nomor mesin kendaraan, lalu di gosok menggunakan pensil sampai nomornya muncul. Istilahnya esek-esek.

Catatan 1: Kalau kendaraan anda adalah model yang tidak umum atau jarang beredar di Indonesia. Ada baiknya anda mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin kendaran. Karena belum tentu petugas "esek-esek" tahu lokasi nomor2 tersebut.

Tapi kalau model-model sejuta umat seperti Avanza, Innova, APV, Yamaha Mio, Honda Vario, dsb, hampir bisa dipastikan petugas cek fisiknya sudah tau lokasi nomor rangka dan mesin kendaraan.

Catatan 2: Setau saya proses penggesekan nomor rangka dan mesin tidak dipungut biaya. Tapi kalau menurut anda proses tersebut terlihat merepotkan dan menyulitkan petugasnya (misalnya banyak bagian yang harus dibuka atau dilepas), maka menurut saya tergantung kerelaan hati anda saja mau kasih uang ke petugasnya atau tidak.
cara cek fisik kendaraan perpanjang 5 tahun pajak

Gbr 2. Area Cek Fisik Kendaraan Bermotor


Langkah #3: Foto Copy Berkas-Berkas
Anda tidak perlu pusing mengatur letak berkas-nya. Tidak perlu bingung harus fotocopy berapa banyak, dsb. Di Samsat itu hampir bisa dipastikan sudah ada tempat foto copy spesialis untuk perpanjangan STNK dan pajak.
Jadi anda tinggal menyerahkan: KTP + STNK + PAJAK + BPKB + Berkas Cek Fisik ke tempat fotocopy yang ada di samsat, lalu mereka akan mem foto fopy sesuai yang diperlukan, menatanya, dan juga memberi map (sudah satu paket).
Hanya saja, harga foto copy + map biasanya sedikit lebih mahal, tapi tidak terlalu beda jauh. Misalnya kalau beli map sendiri lalu foto copy di luar akan habis Rp. 3.000,- maka kalau foto copy di Samsat akan ditagih Rp. 7.000,- (tergantung tempat juga sih, ada juga yang hanya menagih Rp. 5.000,-).
Mungkin ada orang yang tidak sudi bayar foto copy dengan lebih mahal dan memiliki pikiran "Dasar orang licik, cari-cari kesempatan, foto copy aja dimahalin". He he saya tulis seperti itu karena saat antri di samsat saya melihat beberapa orang yang sepertinya kesal dengan tarif FC yang di "mark up".

Tapi, saya mau kasih masukan sedikit kepada orang-orang yang ngomel seperti itu:
1. Sebelum membeli barang atau jasa, sebaiknya tanyakan dulu harganya. Dengan tidak bertanya itu artinya anda sudah setuju dengan harganya.
2. Mereka memang mencari untung, jadi ya suka-suka mereka mau kasih harga berapa 😁
3. Anda tidak dipaksa untuk foto copy di tempat mereka. Jadi itu keputusan anda mau FC disitu atau tidak
4. Memang ada perbedaan antara Rp. 3.000 - Rp. 4.000,- dibanding kalau foto copy di luar, tapi menurut saya kalau FC sendiri kurang praktis (mungkin harus jalan cukup jauh, makan waktu) dan nanti kalau kita salah foto copy / kurang foto copy, dsb malah merepotkan.
5. Lagi pula, ini cuma sekali setahun bro / sis 😏 Anggap saja amal ke orang 😄
Tapi kalau seandainya anda tetap tidak sudi dan mau foto copy sendiri, maka berikut caranya:
1. Foto Copy Satu Kali
FC KTP, STNK, PAJAK, BPKB sebanyak satu kali. Untuk BPKB kalau pernah ganti nama / rubah mesin, dsb, bagian yang menyatakan keterangan tersebut di foto copy juga.
Catatan: Boleh juga foto copy dua kali hanya sebagai arsip anda saja.
2. Susun Surat-surat
Susun KTP, STNK, PAJAK ASLI + foto copy surat2 tsb agar mudah dilihat dan diperiksa oleh petugas. Biasanya urutannya (dimulai dari paling depan):

    KTP ASLI + KTP hasil Foto Copy di staples agak kebawah. Catatan: KTP Asli jangan di staples, tapi masukkan ke dalam plastik lalu di staples. (lihat gambar dibawah)
    STNK ASLI
    PAJAK ASLI
    FC STNK
    FC PAJAK
    FC BPKB.
    Taruh di dalam map





















































































.













































.








 

0 komentar :

Posting Komentar